Depan Kupat Tahu, Kuliner Khas Cilimus Yang Harus Kita Tahu.

Kupat Tahu, Kuliner Khas Cilimus Yang Harus Kita Tahu.

Bukan Kecamatan, Cilimus juga Desa, sehingga banyak orang yang mengetahui desa Cilimus, terutama dari pasar Cilimus yang menjadi ciri dari Cilimus itu sendiri, pasar yang cukup besar dan menjadi pusat perbelanjaan hampir seluruh warga yang ada di Kecamatan Cilimus. Namun ciri dari Desa Cilimus bukan hanya dari pasar nya saja, ada pula sebuah warisan kuliner tradisional yang terkenal, yaitu Kupat Tahu.

Apakah Kupat Tahu itu?

Kupat Tahu adalah salah satu kuliner tradisiona khas Desa Cilimus yang tidak hanya terkenal di Cilimus, tapi juga di Kabupaten Kuningan, bahkan di beberapa daerah di Jawa Barat. Kupat Tahu has Cilimus ini memiliki karakteristiknya tersendiri terutama dari bumbu kacang yang kaya akan rempah.

Pada Proses Pembuatannya, kupat atau ketupat yang digunakan dibuat oleh pedagang kupat tahu itu sendiri yang dimasak diatas tungku selama berjam-jam, tahu yang digunakan pun ialah tahu yang memiliki kualitas yang baik, tahu khas kuningan yang digoreng dengan tinhkat kematangam sedang. Ketika kupat dan tahu dipotong dadu lalu disiram oleh bumbu kacang yang terbuat dari komposisi yang kaya akan paduan rempah, diantaranya cabai, kemiri, bawang merah, bawang putih dan asem yang diproses secara konsisten sehingga rasa dari bumbu kacang yang kaya akan rasa.

Mungkin tidak ada yang spesial dalam proses penyajiannya, karena kespesialan sudah utuh pada kupat tahu khas Cilimus ini. Lembut kupat, gurihnya tahu, legitnya bumbu kacang hanya dilengkapi taburan bawang goreng dan kadang disajikan bersama kerupuk yang menambah kemeriahan rasa kupat tahu di mulut.

Dalam perjalannya kupat tahu telah menjadi salah satu kulinee andalan Cilimus dan sekitarnya. Keunikan dari kupat tahu ini ialah bisa dimakan kapan saja, bisa dijadika sebagai menu sarapan, makan siang bahkan makan malam. Karena satu porsi kupat tahu bisa membuat kenyang.

Cukup sekian pengetahuan dari kupat tahu, kuliner khas cilimus yang harus kita tahu. Yang pasti sensasi dari rasa kupat tahu khas cilimus ini berbeda dari kupat tahu daerah lain. Semoga pengetahuan tentang kupat tahu ini menambah referensi akan kuliter tradisuonal khususnya kuliner tradisional Desa Cilimus.